oleh

Semangatmu Memberikan makna yang Luar biasa

Penulis :  Desti Mayasari Mahasiswa PGMI UIN Raden Fatah Palembang

Sekolah sekolah merupakan sebuah lembaga pendidikan yang bersifat formal, nonformal mau pun informal yang didirikan oleh Negara ataupun Swasta yang dirancang mengajari, mendidik melalui didikan yang telah diberikan oleh tenaga pendidik. dengan tidak adanya sekolah , maka kualitas pendidikan masyarakat di Indonesia jadi terganggu.

Untuk itu, pendidikan sangat penting untuk kita sebagai generasi penerus bangsa. Peran orang tua disini juga sangat penting sebagai dorongan bagi anak – anaknya untuk untuk terus tetap semangat dalam menempuh pendidikan sekolah.

Pendidikan sangat penting untuk perkembangan kedepan bagi bangsa Indonesia. terutama Pendidikan Dasar ,Karena pada jenjang Pendidikan Dasar peserta didik akan dibentuk karakter untuk menjadi seperti apa dimasa mendatang. Pendidikan Dasar juga masa dimana otak anak sangat baik sekali untuk menerima segala sesuatu pengetahuan.

Disini saya Desti Mayasari, ingin berbagi pengalaman saya selama melakukan observasi atau penelitian di sebuah MI yang ada di Palembang yaitu sekolah MI Azharyah. Yang dipimpin oleh Kms. M Junaidi, S.Pd yang merupakan Kepada Sekolah.

Disekolah ini mempunyai ciri chas tersendiri mulai dari awal proses pembelajaran sampai akhir pembelajaran. Disini saya sempat menggantikan guru kelas yang mengajar dikelas II yaitu Ibu Yuncik, dimana beliau ada kepentingan lain. Disana saya sangat bangga sekali karena disambut dengan semangat belajar yang luar biasa. Mulai dari awal masuk kelas dimana mereka diajarkan untuk mencium tangan sebelum masuk kelas.

Sebelum pelajaran dimulai mereka membaca doa dan dilanjut dengan membaca juz amma berupa surah pendek secara bersama-sama. Dan Subhannallahnya walaupun mereka masih kelas II mereka sudah hapal semua. Semangat dan antusias mereka saat mengikuti pelajaran sangatlah luar biasa.

Saat diajukan pertanyaan mereka sangat antusias untuk menjawab pertanyaan itu, rata-rata mereka mengangkat tangan walau ada yang dari mereka tidak mengetahui jawaban dari pertanyaan itu tapi semangat mereka ingin tahu sangatlah luarbiasa. sangat mengerjakan soal mereka pun dengan cepat mengerjakannya, dan jika mereka tidak mengerti mereka tidak menyerah begitu saja mereka akan bertanya kepada temannya yang bisa mengerjakannya. Diakhir pembelajaran mereka kembali membaca doa dan surah pendek.

Melalui pendidikan dasar ini memiliki tantangan yang sangat besar, bukan hanya mengajari membaca saja tetapi mulai dari dasarlah untuk memberikan pemahaman yang baik dalam mendidik anak agar menjadi generasi yang cerdas dan mempunyai akhlak yang baik serta menciptakan peserta didik yang sholeh dan sholehah.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed