oleh

PENTINGNYA SIKAP RAMAH TAMAH KEPADA PESERTA DIDIK

Penulis : Dewi Sumsari
Nim : 1730201164
Kelas : PGMI 05
Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Sikap ramah tamah adalah suatu perilaku dan sifat masyarakat yang akrab dengan pergaulan seperti suka senyum, sopan serta hormat dalam berkomunikasi ringan tangan, suka menyapa, suka membantu tanpa pamrih dan lain sebagainya yang dilakukan dengan ketulusan dan berprasangka baik terhadap orang lain baik yang sudah dikenal maupun yang belum dikenal.

Seseorang yang memiliki sikap ramah tamah menunjukkan bahwa ia mengakui dan menghargai keberadaan serta harkat dan martabat orang lain, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, serta lebih mengutamakan kepentingan bersama agar tercapainya kesejahteraan. Dengan bersikap ramah tamah maka orang lain akan merasa dihargai dan diterima dalam pergaulan.

Sikap ramah perlu dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari agar menjadi karakter pribadi yang lebih baik lagi, dan sikap ramah tamah ini juga harus di ajarkan dan di didik dari usia mereka masih kecil sehingga mereka bisa bersikap ramah tamah kepada orang lain.

Sikap ramah tamah juga tidak hanya diajarkan dirumah tapi bisa juga diajarkan disekolah oleh seorang guru yang mendidik mereka disekolah. Contoh sikap ramah yang bisa dilakukan dan diajarkan kepada peserta didik. Ucapkan terima kasih setelah menerima sesuatu atau setalah ditolong oleh orang lain

Mengucapkan salam jika bertemu atau masuk kedalam seuatu tempat
Saling membantu ketika ada yang meminta pertolongan baik itu orang yang lebih muda atau orang yang lebih tua
Berteman dengan siapa saja dan tidak membeda-bedakan antara satu dengan yang lain

Seperti apa yang saya alami atau yang saya lihat selama saya melakukan observasi disalah satu sekolah SD/MI di kota palembang. Saat kami melakukan observasi, awalnya kami merasa canggung dan khawatir tidak akan diterima oleh guru dan siswa

Tetapi ternyata kami disambut dengan senyum dan keramahan oleh guru, siswa dan bahkan oleh wali murid pun. Keramahan itu bisa dilihat dari seorang kepala sekolah dan guru yang ada disana saat memperlakukan kami dan saat besikap di dengan para peserta didik, mereka juga menganggap kami sudah seperti bagian dari keluarga mereka dan kami tidak merasa terasingkan atau terkucilkan disana.

Tidak hanya guru siswa disana juga ramah tamah terhdap orang yang baru mereka kenal. Disana peserta didik sangat diajarkan sikap ramah tamah dengan siapa pun baik itu lingkungan sekolah, didalam kelas, maupun dilingkungan masyarakat.

Disaat itu lah saya merasa bahwa menanamkan sikap ramah tamah sangat penting bagi anak-anak kecil agar mereka bisa saling menghormati baik dengan teman, guru bahkan dengan orang lain. Karena saat masih kecil otak anak masih mudah untuk menangkap pelajaran dan penerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari mereka sehingga mereka tidak akan lupa dan selalu ingat dengan apa yang sudah mereka pelajari. Dan sikap ini juga bisa membentuk karakter yang lebih baik lagi sesaui dengan kurikulum dan tata tertib yang ada disekolah tersebut. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed