oleh

Meningkatkan Kedisiplinan Pada Siswa

Penulis :

APRILIA APSARI (1730201152)
Mahasiswa Prodi PGMI, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

Seorang siswa mempunyai tanggung jawab yang harus dilakukan di Sekolah, seperti setiap hari siswa harus datang tepat waktu dan selalu mengumpulkan tugas. Hal ini merupakan salah satu contoh bahwa disiplin seorang siswa memiliki peranan enting dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh siswa tersebut, karena disiplin siswa memberikan dampak terhadap proses pendidikan siswa yang di ikuti di dalam kelas.

Kedisiplinan siswa dapat dilihat dari kepatuhan siswa terhadap tata tertib yang berkaitan dengan jam belajar disekolah meliputi jam masuk sekolah dan keluar sekolah, kepatuhan siswa dalam berpakaian, kepatuhan siswa dalam mengikuti kegiatan disekolah, dan lain sebagainya.

Di SDN 159 Palembang, siswa disekolah tersebut sangat disiplin, patuh pada aturan yang ada disekolah, mereka membudayakan salam, senyum dan sapa baik kepada guru, teman dan orang yang lebih tua dari mereka. Semua aktivitas yang dilihat kepatuhannya adalah berkaitan dengan aktivitas pendidikan yang ada disekolah, yang juga dikaitkan dengan kehidupan yang ada diluar sekolah.

Diketahui disiplin yang dilakukan oleh siswa dalam proses pembelajaran yang di ikuti tersebut sangat bermanfaat, tidak hanya untuk pribadi siswa itu sendiri akan tetapi juga berpengaruh bagi lingkungan sekitarnya. Dikatakan demikian karena jika seorang siswa yang sudah terbiasa sebagai seorang siswa yang disiplin tentu akan mudah dalam mengerjakan segala sesuatu baik itu kegiatan sekolah maupun diluar sekolah.

Dengan demikian kedisiplinan siswa yang dilakukan memiliki banyak manfaat yang didapatkan antara lain membuat siswa menjadi lebih tertib dan teratur dalam menjalankan kehidupannya, dapat mengerti bahwa kedisiplinan itu sangat penting bagi masa depan kelak, dapat pula membuat kepribadian siswa yang kokoh dan diharapkan bisa berguna bagi semua orang, serta disiplin merupakan kunci awal meraih kesuksesan.

Disiplin siswa yang dimiliki seseorang dapat dilihat dari tindakan yang menunjukan segala sesuatu dalam melaksanakan tanggung jawabnya.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed