Ternyata Sampah dapat Berubah Menjadi Tabungan Emas

Radar Sriwijaya – Pogram The Gade Clean & Gold PT Pegadaian (Persero) resmi hadir di Kota Palembang. Program bersih – bersih dan mengolah sampah untuk mendapatkan emas ini diresmikan di Kelurahan Talang Kelapa, Kecamatan Alang-Alang Lebar, Palembang.

“Sebelumnya, kehadiran The Gade Clean & Gold telah dirasakan manfaatnya masyarakat yang tinggal di beberapa wilayah Indonesia yakni, di Bekasi, Pekanbaru, dan Banjarmasin. Sekarang, giliran masyarakat Palembang melalui Bank Sampah Sakura yang kami libatkan dalam program bersih-bersih ini, khususnya pada bersih-bersih lingkungan, sehingga dapat mengubah sampah mejadi emas,” ungkap Pemimpin Wilayah PT Pegadaian (persero) Palembang Mufri Yandi di Peresmian Bank Sampah, di Palembang, (3/12/2018).

Mufri mengatakan The Gade Clean & Gold adalah program Pegadaian yang mengajak seluruh masyarakat untuk mengetahui cara yang baik dan enar dalam memilah sampah, dengan memberikan sebuah bimbingan dalam mengolah sampah menjadi tabungan emas Pegadaian.

Cara tersebut dinilai dapat menjadikan salah satu cara untuk mengurangi jumlah sampah rumah tangga di Kelurahan Talang Kelapa dan sebagai upaya penghidupan warga sekitar dari pemanfaatan kembali sampah.

“Selain itu, kami telah memfasilitasi peralatan pengelolaan sampah di Bank Sampah Sakura ini diantaranya 1 unit mesin press sampah, 1 unit mesin pengayak sampah, dan 1 unit kendaraan pengangkut sampah. Kemudian, masyarakat akan diajarkan mengolah sampah untuk dibagi menjadi sampah yang Organik dan Non-Organik. Lalu disetor, ditimbang, diproses, dan diolah. Selanjutnya tahap terakhir, yaitu hasil pengolahan dapat ditukar dengan tabungan emas,” paparnya.

Tidak hanya bantuan operasional Bank Sampah, Pegadaian juga membuat sebuah taman The Gade Clean & Gold di sekitar wilayah Bank Sampah. Kamudian, pengecoran jalan sekitar Bank Sampah, pembuatan gapura, dan pembuatan hangar Bank Sampah.

“Pegadaian juga memberikan bantuan lain yang diberikan secara simbolis, yaitu bantuan material untuk Mushalla Fisabililah Talang Kelapa sebesar Rp 70 juta, bantuan perlengkapan sarana ibadah Masjid Al-Mukmim Lebak Jaya Pusri Rp 25 juta, bantuan perlengkapan sarana ibadah Mesjid Al-Karim Sukabangun Rp 40 juta, bantuan perlengkapan sarana TPA Nurul Jamik Suro Rp 20 juta, dan perlengkapan ibadah Gereja HKPB Sukamaju Keten Resort Anugrah Rp 20 juta,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Asisten lll Setda Kota Palembang, Agus Kelana didampingi Kadis Pariwisata Palembang Isnaini Madani mengapresiasi program The Gade Clean & Gold yang dicanangkan Pegadaian. Menurutnya program tersebut dapat membantu meningkatkan nilai ekonomi bagi masyarakat sekitar Kelurahan Talang Kelapa.

“Saya sangat apresiasi untuk The Gade Clean & Gold ini. Karena isu lingkungan terutama sampah selalu dihadapi pemerintah kota Palembang. Maka dari itu program ini bisa memotivasi masyarakat untuk lebih giat mengumpulkan sampah,” pungkasnya. (man)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *