oleh

Sekda Pali Mendadak Dicopot

Radar Sriwijaya (PALI) – Jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang dipegang H Robby Kurniawan SSTP MSi tiba-tiba saja diganti.

Posisinya pun berpindah kepada Zahron Nazil SH yang sebelumnya menjabat Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten PALI sebagai Plt Sekda.

Kejadian ini sontak saja menimbulkan pertanyaan. Namun, proses pengambilan sumpah jabatan tetap dilakukan di ruang Aula Pemkab PALI, Jumat (18/5/2018) oleh Bupati PALI Ir Heri Amalindo MM.

Disela sumpah jabatan sekda baru, Bupati menekankan pergantian Sekda dengan tujuan untuk mempercepat roda pemerintahan daerah khususnya pembangunan agar berjalan lancar dan maksimal.

“Sesungguhnya pelantikan maupun perombakkan kabinet sudah biasa, akan tetapi bagaimana kita menyikapi jabatan itu sendiri, jabatan hanya titipan dan jabatan sekretaris daerah jabatan taktis, bagaimana jabatan itu bisa berjalan dengan baik dan benar,” ungkapnya, Jumat (18/5/2018)

Dirinya menghimbau kepada pejabat yang dilantik, agar bisa berkoordinasi dengan baik khususnya dibawahannya. Karena Sekda merupakan motor roda pemerintah daerah itu sendiri, dan hendaknya Sekda nantinya agar tidak sering keluar daerah, kecuali ada urusan mendadak.

“Sekda harus bisa mendukung bupati dan wakil bupati, khususnya menjalankan visi dan misi mensejahterakan daerah, serta meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), apalagi APBD berjumlah Rp1,5 triliun. Mendapatkan jumlah tersebut bukanlah gampang, perlu proses dan kinerja keras,” tegasnya.

Dia berharap seluruh jajaran Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD), agar bisa mengoptimalkan kinerjanya, jangan hanya mengandalkan bupati atau wakil bupati saja. “Harus bisa berkreasi, bagaimana kerja di SKPD ini bisa meningkat,” pungkasnya.

Robby Kurniawan ketika dibincangi wartawan menyampaikan rasa syukur dan berterima kasih selama dua tahun ini turut berkontribusi dalam pemerintahan Kabupaten PALI.

“Saya menyampaikan rasa syukur dan terimakasih karena sudah ikut bersinergi dalam jajaran pemerintahan kabupaten PALI Daerah Otonomi Baru (DOB-red) yang penuh tantangan dan memberikan pengalaman dan pembelajaran tersendiri bagi saya” ungkap Robby.

Dan dalam rangka pengembangan karier ke depan, mengingat jabatan Sekda sudah merupakan jabatan puncak di Daerah maka untuk pengembangan karier dirinya harus meninggalkan Kabupaten Pali utk mencoba memulai karier baru di Pemerintah Pusat.

“Ini adalah pilihan hidup dan bagian perjalanan pengembangan karier km kedepan. Insha allah saat ini tinggal menunggu proses administrasi saja” tambah ketua Karang Taruna Sumsel ini.

Sementara sehubungan dengan proses Administrasi yang berhubungan dengan pengembangan karir di Pemerintahan Pusat (Jakarta) cukup menyita waktu maka, agar Administrasi Pemerintahan di Pali tetap berjalan memang perlu dilaksanakan pengangkatan penjabat sekda agar saat transisi ini tidak terjadi kekosongan pejabat Sekda Pali.

“Untuk itu Kami secara pribadi sekali lagi mengucapkan Terima Kasih kepada Bupati, Wakil Bupati, Jajaran Pemkab Pali dan Masyarakat Pali atas Kesempatan berharga menjadi bagian penting dalam penyelenggaraan pemerintahan Selama Dua Tahun ini” ujar Robby.

Selain menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh jajaran Pemkab Pali dan masyarakat Pali, Robby juga mengucapkan selamat kepada penjabat Sekda PALI yang baru dilantik.

“Mohon maaf kalau selama Kami menjabat ada hal yang kurang pas atau kurang berkenan, dan juga Selamat kepada Penjabat Sekda Pali yg baru Saudara Syahron Nazil, Semoga Kabupaten Pali semakin Maju ke Depannya.””pungkasnya. (day)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed