Elektabilitas Edi-Musa Tertinggi di Pilgub Sumut

** Hasil Survey Media 16-25 Januari 2018.

Radar Sriwijaya – Pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi – Musa Rajeckshah memiliki elektabilitas tertinggi melampaui dua pasangan calon (paslon) lainnya yang akan bertarung dalam pilgub sumut berdasarkan hasil survey Median.

Lembaga Media Survei Nasional (Median) merilis hasil riset tentang popularitas dan elektabilitas kandidat Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara. Survei dilakukan pada 16-25 Januari 2018 dengan responden warga Sumut yang telah memiliki hak pilih.

Median menggunakan sampel 1.200 responden. Sampel dipilih secara random dengan teknik multistage random sampling. Margin of error dalam survei ini plus-minus 3,4 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Responden disodori pertanyaan: “Jika pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara dilaksanakan saat ini, dari pasangan tokoh berikut ini, siapakah yang akan Anda pilih?”.

Responden diberi daftar pasangan cagub-cawagub, kemudian diminta memilihnya. Hasil jawaban dari pertanyaan tersebut kemudian diolah oleh tim Median.

Hasilnya, elektabilitas pasangan Edy Rahmayadi dan Musa Rajeckshah berada di posisi teratas dengan 33,1 persen.

Di posisi berikutnya pasangan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus dengan tingkat keterpilihan 19,2 persen.

Duet JR Saragih-Ance Selian menempati urutan ketiga dengan elektabilitas 10,5 persen.

“Undecided (belum menentukan pilihan) 37,2 persen,” kata Direktur Eksekutif Median Rico Marbun dalam keterangan tertulisnya, Selasa (6/2/2018).

Hasil survei Median juga menunjukkan popularitas Edy Rahmayadi menempati posisi teratas dengan 74,5 persen, disusul Djarot Saiful Hidayat (72,1 persen), JR Saragih (59,8 persen), Musa Rajekshah (35,5 persen), Sihar PH Sitorus (16,9 persen), dan Ance Selian (7,0 persen).

Pilkada Sumatera Utara diikuti tiga pasangan calon. Mereka adalah Edy Rahmayadi-Musa Rajeckshah, Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus, dan JR Saragih-Ance Selian.

Edy Rahmayadi-Musa Rajeckshah diusung Partai NasDem, PKS, Golkar, Gerindra, dan PAN. Duet Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus diusung PDIP dan PPP. Sedangkan JR Saragih-Ance Selian diusung PKB, Partai Demokrat, dan PKPI.(net)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Web Development by Jasa Website