oleh

Petugas KPK Gadungan Diringkus Polisi

Radar Sriwijaya – 4 Orang pria komplotan pelaku penipuan yang mengaku sebagai petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang hendak melakukan penyidikan terhadap korbannya, diringkus Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya Jakarta.

“Pelaku ada empat orang yang kami amankan,” ujar Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Nico Afinta dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (6/2/2018).

Keempat tersangka ialah Harry Ray Sanjaya (41), Abdullah (44), Exitarama Rumzi (45), dan Daseil Dusky (51). Para pelaku ditangkap tim Opsnal Unit I Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya di bawah pimpinan Kompol Hendro Sukmono dan AKP Niko Purba.

Nico mengatakan para pelaku mengaku-aku sebagai penyidik KPK. Mereka menawarkan korban untuk menyelesaikan masalah yang dialami korban berkaitan dengan kasus yang ditangani KPK.

“Dan para pelaku meminta sejumlah uang untuk bisa membantu menyelesaikan masalah pelapor tersebut,” imbuhnya.

Pelapor yang tertarik kemudian dikenalkan oleh salah satu pelaku kepada pelaku lain yang mengaku sebagai penyidik KPK. Korban berangkat dari Jambi ke Jakarta dan bertemu tersangka Dasril di Jakarta.

“Oleh Dasril, korban dikenalkan dengan tersangka yang bernama Heru, yang menurut Dasril, Heru adalah orang yang mempunyai kenalan penyidik KPK,” tuturnya.

Setelah bertemu dengan Heru, pelapor dibawa ke Hotel Mercure untuk bertemu dengan dua orang yang mengaku sebagai penyidik KPK. Setelah bertemu dengan para tersangka, pelapor dimintai uang Rp 150 juta dan sudah ditransfer Rp 10 juta ke rekening tersangka atas nama Abdullah.

“Yang mana, katanya uang tersebut untuk biaya penyelesaian kasus yang dialami pelapor di KPK. Namun kemudian pelapor merasa curiga karena merasa ditipu dan diperas oleh para tersangka dan melaporkan kejadian tersebut ke Polda Metro Jaya,” paparnya.

Para tersangka kemudian ditangkap di Hotel Mercure, Jakarta Barat, pada Selasa (6/2) dini hari tadi. Sejumlah barang bukti disita polisi dari para pelaku.(net)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed