oleh

H Iskandar SE Ikut Ramaikan  Malam Tapai

Tapai Pak Camat Hanya Ada Di Malam Tapai

KAYUAGUNG – Untuk yang kedua kalinya Kayuagung Creative Community  sukses menyelengarakan kegiatan malam tapai yang pernah melengenda bagi masyarakat Kayuagung di era 70 an, sebelumnya malam tapai perdana digelar (13/10/2017) lalu dikawasan kota lama Kelurahan Mangunjaya Kayuagung Kabupaten OKI Sumsel.

Namun malam tapai kedua yang digelar, Jumat (3/11/2017) di jalan depan bank sumsel babel cabang Kayuagung OKI Sumsel menjadi istimewa karena kehadiran bupati OKI H Iskandar SE, yang sebelumnya tidak diketahui sama sekali oleh para pengunjung.

Suasana Malam Tapai dipadati ribuan pengunjung

Orang nomor satu dibumi Bende Seguguk tersebut awalnya menyamar dengan menggunakan topi  seperti masyarakat biasa lainnya berbaur dengan ribuan orang yang mengunjungi lokasi malam tapai yang persis didepan gedung kesenian kayuagung yang menggunakan ruas jalan sekitar 150 meter.

Kehadiran H Iskandar SE ini diketahui setelah camat kota Kayuagung Dedi Kurniawan naik keatas panggung dan menggunakan pengeras suara menyatakan bahwa bupati OKI berada ditengah-tengah masyarakat, sontak para pengunjung menjadi riuh berupaya mengarahkan pandangannya kesekeliling untuk mengetahui keberadaan sang bupati.

Namun tidak lama berselang, Bupati OKI langsung keluar dari kerumunan warga dengan menggunkan topi dan jaket berwarna coklat langsung menuju ke panggung yang disambut dengan riuh tepuk tangan para pengunjung.

“Jika saja sejak tiga tahun lalu kegiatan malam tapai ini digelar, tentu akan semakin banyak pemuda kreatif di Morge Siwe ini yang akan muncul.” Ucap Iskandar.

Bupati OKI H Iskandar SE menyapa pengunjung malam tapai

Dikatakannya, kegiatan ini memang memiliki nilai histori atau sejarah bagi masyarakat pada masa lampau, dengan digelar kembali kegiatan serupa meskipun dengan konsep yang berbeda menjadi sarana bagi masyarakat untuk bersilaturahim dan menumbuhkan bibit-bibit kreatif.

“Jika dulu malam tapai ini hanya diisi oleh orang berjualan namun serang dikemas lebih menarik dan lebih variatif, artinya ada masyarakat yang berdagang ada juga panggung kesenian. Saya sangat mendukung kegiatan positif seperti ini, saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah ikut berpartisipasi baik sebagai pengunjung maupun yang berjualan dan mengisi panggung hiburan.” Katanya.

Usai menyampaikan sambutan singkat, H Iskandar SE didaulat untuk menyanyikan lagu yang diiringi oleh home band yang telah disiapkan.

Camat Lempuing Jaya M Refly bernyanyi bersama Bupati OKI H Iskandar SE

Sementara itu Camat Kota Kayuagung, Dedi Kurniawan selaku inisiator malam tapai mengatakan, kegiatan malam tapai masa kini yang digelar bertujuan untuk melestarikan kembali kegiatan ekonomi masyarakat yang pernah ada diera lampau.

“Jika dulu malam tapai ini adalah semacam night market tradisional, para pedagang yang menjual hasi perkebunan dan pertanian, hasil bumi, makanan tradisional seperti tapai (tape), buah, sayur bahkan ada yang menjual kerajinan gerabah atau bahkan kebutuhan rumah tangga, malam tapai masa kini kita isi lebih bervariasi dan diisi juga dengan panggung kesenian.” Katanya.

Oleh sebab itu Dedi meminta dukungan dari semua pihak agar kegiatan ini secara konsisten akan tetap dilanjutkan sehingga menjadi sarana untuk meningkatkan ekonomi masyarakat melalui kegiatan pasar malam tradisional.

“Kami berharap  support dari bapak bupati sehingga acara ini akan terus dapat dilaksanakan sambil terus berupaya untuk memperbaiki berbagai kekurangan yang ada.” Tukasnya. (den)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed