oleh

KPU OKI Gelar Jalan Santai Gerakan Sadar Pemilu

** Meskipun sempat diguyur hujan, peserta tetap Antusias.

Radar Sriwijaya (OKI) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) terus gencar melakukan sosialisasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 mendatang, gencarya sosialisasi ini tidak lain tujuannya agar pilkada 2018 maupun pemilu 2019 akan berjalan sukses dan lancar.

Upaya sosialiasi ini salah satunya dengan melaksanakan kegiatan jalan santai dengan tema Gerakan Sadar Pemilu (GSP) yang mengambil rute dari halaman Universitas Islam Kayuagung (uniski) dan berakhir di halaman KPUD Ogan Komering Ilir pada minggu pagi (29/10/2017).

Acara jalan santai ini diikuti langsung oleh Bupati OKI H Iskandar SE, Ketua TP PKK Hj Lindasari Iskandar, Wakil Bupati OKI HM Rifai SE, Forkopimda OKI, SKPD, Partai Politik, LSM, ormas, OKP, Panwaslu OKI, Komisioner dan Staf KPU serta masyarakat OKI khususnya Kecamatan Kayuagung.

Ketua KPUD Kabupaten OKI Dedi Irawan SH MSi mengatakan kegiatan jalan santai ini sekaligus menjadi ajang sosialisasi gerakan sadar pemilu, dimana masyarakat OKI khususnya dapat ikut serta dalam pesta demokrasi yang dilaksanakan lima tahunan ini.

“Kegiatan jalan santai ini sekaligus bentuk sosialisasi gerakan sadar pemilu, bagi masyarakat yang belum melakukan perekaman E KTP agar segera melakukan perekaman untuk dapat terdaftar sebagai pemilih, karena pemberian hak suara adalah sesuatu yang sakral dan fundamental dalam negara demokrasi,”ungkapnya.

Menurut Dedi, pemilihan kepala daerah serentak tahun 2018 merupaka pemilihan serentak gelombang ke-3 setelah dimulainya pemilihan serentak pada tahun 2015. Sebanyak 171 daerah yang mengikuti pilkada serentak 2018, terdiri dari 17 provinsi, 39 kota dan 115 kabupaten.

“Untuk pilkada serentak 2018 nanti termasuk gelombang ke-3, sejak pertama dilaksanakannya tahun 2015, sebanyak 171 daerah yang mengikuti pilkada serentak, terdiri dari 17 provinsi, 39 kota, dan 115 Kabupaten, dan pelaksanaan pilkada serentak ini waktunya beririsan dengan tahapan pemilu 2019.”tambahnya.

Masih kata Dedi untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN) diharapakan agar bersikap netral sehingga pelaksanaan pilkada nantinya dapat terlaksana dengan maksimal.

“Dengan mengharap Ridho dari Tuhan yang maha esa, gerakan sadar pemilu saya resmikan dan semoga dapat berjalan dengan baik, sesuai dengan harapan semua masyarakat Kabupaten OKI,”pungkasnya.

Bupati OKI H. Iskandar, SE ditempat yang sama berharap, partisipasi masyarakat OKI bisa mencapai diatas 81 persen pada pilkada tahun 2018 mendatang.

“Pilkada 2013 angka partisipasi masyarakat OKI mencapai  81 persen, untuk kita semua harus kerja keras agar keikutsertaan masyarakat dalam pilkada tahun depan lebih tinggi lagi,” kata Iskandar.

Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, menurut Iskandar, masing-masing pihak harus memfalidasi data kependudukan baik dari Disdukcapil, BPS maupun dari KPU.

“Saya harap ada koordinasi yang intens antara KPU, Disdukcapil maupun pihak terkait lainnya, untuk menyamakan data kependudukan jangan sampai ada kekeliruan,” ungkapnya.

Dalam Acara tersebut juga diserahkan hadiah kepada para pemenang sayembara mascot dan jingle pilkada OKI 2018, selain itu dibagikan juga hadiah-hadiah doorprize yang menyita perhatian para perserta seperi Lemari ES, Sepeda, TV, Dispenser, Kompor gas, dan berbagai hadiah-hadiah menarik lainnya. (den/kpu).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed