Optimis Anggaran Asian Games Tercukupi

JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi optimistis anggaran penyelenggaraan Asian Games 2018 sebesar Rp 4,5 triliun akan tercukupi.

Imam menyebutkan, dari total anggaran Rp 4,5 triliun itu, sebanyak Rp 1,8 triliun dianggarkan pada APBN 2017, Rp 1,7 triliun pada 2018, dan sisanya Rp 1,7 triliun diharapkan berasal dari sponsor.

“Tahun anggaran 2017 sudah kami cairkan Rp 500 miliar. Sesungguhnya tidak ada kendala pencairan, tinggal bagaimana seluruh pihak terkait itu betul-betul melaksanakan semua ketentuan yang berlaku,” katanya di Jakarta.

Karena itu, Imam bersyukur, karena sudah ada semacam Sekretariat Bersama, ada BPKP, ada Kementerian Keuangan, INASGOC, Kemenpora sehingga bisa mempercepat semua proses itu.

Ia tetap optimistis dukungan dari sponsor dalam penyelenggaraan Asian Games 2018 itu. Ia mengingatkan, karena bicara sponsor mungkin saja rapatnya tahun ini, tapi pencairannya di tahun yang akan datang.

“Semuanya butuh proses. Karenanya kita nanti akan memperkuat BLU (Badan Layanan Umum) untuk menampung dana sponsor sehingga terkelola sesuai dengan aturan yang berlaku,” jelas Imam.

Yang pasti, lanjut politisi PKB itu, Menteri BUMN Rini Soemarno sangat antusias, dan pasti akan ada tindak lanjut kepada seluruh BUMN.

“Saya belum dapat progres dari INASGOC ya. Tetapi melihat antusias dari kehadiran beliau-beliau. Saya kira kita sangat optimis,” sambungnya.

Mengenai arahan Presiden Jokowi dalam Rapat Terbatas, menurut Imam, yang pasti bahwa semua anggaran harus dimaksimalkan dengan baik. Termasuk kekurangan anggaran yang dialami INASGOC harus dipenuhi.

“Jadi bisa bersumber dari apa namanya pemanfaatan anggaran yang di Kemenpora maupun dari Kementerian Keuangan,” jelasnya dilansir laman Setkab. (net)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *